Friday, December 24, 2010

Mobil Matik Diciptakan 100 Tahun Yang Lalu

Mobil Matik Diciptakan 100 Tahun Yang LaluTeras Info - Setelah kemarin saya memposting artikel mengenai Korban Lumpur Lapindo yang terlupakan, kini saya ingin sedikit refreshing dengan memposting mengenai mobil matik, matic pertama didunia. O ya, just info dulu nih, saya punya info buat kawan-kawan yang suka facebookan, ada layanan make money online di FB, kalau berminat silahkan, ini linknya,http://apps.facebook.com/easycash-usd/?refid=100000091440582, namanya Easy Cash, tapi ala Facebook, kalau berminat langsung saja mendaftar.

Oke, langsung ke topik pembahasan. Kawan-kawan tahu tidak, ternyata, mobil matic sudah ada atau lebih tepatnya sudah diciptakan 100 tahun yang lalu. Jika kita sekarang melihat banyak mobil atau motor matik berkeliaran mulai dari perkotaan hingga pedesaan, dari jalan raya hingga gang-gang sempit, itu merupakan evolusi dari nenek moyangnya, mobil matic pertama ini.

Lalu mungkin muncul pertanyaan dibenak kawan-kawan semua. Siapa penemunya? Mobil matik ini pertama kali diciptakan 100 tahun yang lalu oleh Sturtevant bersaudara, yaitu pada tahun 1904.

Saat itu, Sturtevant bersaudara membangun Horseless Carriage yang memiliki transmisi otomatis dua percepatan yang mampu berpindah sendiri. Lalu, seperti apa cara kerjanya, mobil nenek moyangnya para matik ini? Cara kerjanya sederhana saja, yaitu dengan sistem transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis ini sangat populer sekali saat itu, namun kurang dihargai. Kok bisa ya, populer tapi kurang dihargai, kaya para pejabat negeri ini kali ya, populer tapi kurang dihargai sebenarnya, karena hanya mengumbar janji saja...he..he...eh..kok jadi ngelantur gini. Back to topic.
Meskipun penemuan transimisi otomatis ini kurang dihargai, namun penemuan ini mengalami kemajuan yang sangat pesat setelah dipadukan/diproses dengan komputer canggih, sehingga transmisi ini mampu mengalahkan kemampuan manusia dalam akurasi perpindahan gigi.

Setiap makhluk pasti mempunyai kekurangan, "emangnya mobil makhluk ya..... :p"..he..he..plester (plesetan terpinter)..
Transmisi pada mobil matic pada saat itu memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa berhenti ketika gigi nonghol dalam posisi maju. Jadi harus netral dulu, baru bisa berhenti. Selain itu, kekurangan lainnya adalah pada saat pertama di start mobil bisa langsung lompat nyebur ke got :p.

Nah, untuk mengatasi masalah atau kekurangan tersebut, maka pada tahun 1930, Crhysler kemudian mengembangkan sistem kopling fluida. Sistem fluida ini membuat mobil bergerak dengan lebih mulus, terutama setelah saat berhenti. Akhirnya penemuan transimisi fluida ini pun terus dan terus semakin berkembang hingga sekarang ini kita bisa melihat hasilnya. (Vivanews yang dikutip dari berbagai sumber. Sumber gambar: vivanewa.com)



Jadi, buat yang punya kendaraan matic, harus berterimakasih tuh sama Om Sturtevant bersaudara, sang penemu mobil matik.


chicago personal injury lawyer
lasik new york city
new jersey car insurance

0 comments:

Post a Comment

 

Alif Ilmu | Tutorial Multimedia Online Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates