Sunday, June 26, 2011

Benarkah Lulusan SMK Bisa Langsung Mendapat Pekerjaan ?

Benarkah Lulusan SMK Bisa Langsung Bekerja, mendapat pekerjaan, SMK bisa, SMK adalahTeras Info - Benarkah Lulusan SMK Bisa Langsung Mendapat Pekerjaan ?. Cukup banyak diinformasikan di media masa bahwa lulusan SMK adalah lulusan yang siap kerja. Apakah benar?

SMK adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang di mana siswa/siswinya dididik untuk menjadi lulusan yang siap kerja, yang dimana telah di bekali keahlian khusus sesuai dengan bidang keahlian yang di butuhkan dunia kerja.

Selama 3 tahun masa pendidikan, para siswa/siswi SMK di beri pelajaran khusus baik berupa materi maupun praktik langsung kelapangan, atau biasa disebut dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau PRAKERIN (Praktik Kerja Industri). Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bertujuan untuk memberikan suatu pengalaman kepada siswa mengenai seperti apa ruang lingkup dunia kerja.

Lalu, apakah benar siswa/siswi lulusan SMK itu lulusan yang siap kerja? Ya, dengan catatan serius selama dalam masa pendidikan. Lalu, apakah lulusan SMK itu bisa langsung mendapat pekerjaan? TIDAK, Kenapa saya menjawab tidak? Sekarang ini banyak orang-orang yang terkadang salah kaprah tentang arti kata dari "SMK, BISA...". Sebenarnya, lulusan apapun bisa langsung mendapat pekerjaan setelah ia menamatkan sekolahnya apabila mempunyai kemauan dan usaha keras untuk bisa mendapat pekerjaan. Walaupun sudah dibekali dengan ilmu tentang dunia kerja, tapi jika sifat MALAS menjadi teman sehari-hari, maka di jamin, kata bisa akan berubah menjadi "TIDAK BISA...".

Jadi, semua kembali kepada niat, usaha, serta do'a setiap individu (siswa). Setiap orang pasti bisa bila memiliki niat,usaha dan do'a yang kuat dalam diri. Insyaallah..

Untuk lulusan SMK, saya yakin anda semua BISA. Karena telah diberi bekal khusus selama sekolah. Manfaatkan dengan baik apa yang telah didapat. Saya sendiri adalah lulusan SMK Jurusan IT, dan kini telah mendapat pekerjaan yang alhamdulillah bisa dibilang cukup, meskipun tanpa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan bagi para lulusan SMA, SMU, dsb saya yakin anda juga bisa, hasil yang didapat tergantung pada niat, usaha, dan do'a yang kita lakukan, bukan karena kita lulusan apa, itu hanyalah nilai tambah saja.

Jika memang masih mampu, ada baiknya untuk semua lulusan, SMA/SMU/SMK dsb untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Untuk lebih mematangkan apa yang telah didapat selama duduk di bangku SMA/SMU/SMK. Tapi, satu catatan lagi, tingkat pendidikan tidak menjamin. Tapi apakah kita bisa bekerja atau tidak, itulah yang menjadi patokan dalam dunia kerja. Percuma saja walaupun lulusan sarjana jika tidak becus dalam berkerja.

Kita bisa jika kita ingin berusaha, berusaha bukan dengan satu, dua kali saja, tapi usaha yang terus-menerus. Seimbang antara usaha lahir maupun batin...

Semoga sukses bagi siswa/siswi para penerus bangsa...

Pasti BISA....!!!


"...WARNING..." ARTIKEL INI BUKAN ARTIKEL PROMOSI....!!!

0 comments:

Post a Comment

 

Alif Ilmu | Tutorial Multimedia Online Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates